SehatKita

SehatKita adalah blog yang membahas mengenai informasi kesehatan, tips kesehatan dan seputar dunia kesehatan mulai dari medis hingga tips alami.

Beranda / Bahaya / Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya merokok bagi kesehatan bukanlah rahasia umum. Meskipun semua orang telah tahu persis bahaya dari merokok, hal ini tidak membuat para perokok serta-merta untuk berhenti merokok. Selain itu, tidak hanya perokok aktif yang akan mendapatan efek negatif rokok. Perokok pasif yang terkena asapnya juga bisa mendapatkan efek negatif dari rokok yang membahayakan.

Di Inggris terdapat sekitar 100 ribu orang yang meninggal setiap tahunnya dikarenakan oleh merokok. Kematian terebut berhubungan dengan bahayanya merokok yang bisa menyebabkan penyakit kanker, penyakit paru, dan penyakit jantung.

Di Indonesia, persentase orang yang mengonsumsi rokok terbesar se-Asia Tenggara. Berdasarkan data yang telah diterbitkan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Southeast Asia Tobacco Control Alliance, beserta Komisi Pengendalian Tembakau, Indonesia merupakan negara yang menduduki urutan ketiga dalam jumlah perokok terbanyak di dunia setelah China dan India pada tahun 2012.

Merokok memang meningkatkan risiko sejumlah penyakit dengan kandungan yang ada di dalamnya. Salah satunya ialah nikotin.

Berikut ini beberapa bahaya dari merokok dan beberapa penyakit yang timbul karena rokok:

1. Penyakit paru obstruktif kronik.

2. Kanker paru-paru.

3. Penyakit jantung.

4. Kanker, seperti kanker mulut, hidung tenggorokan, kerongkongan, pankreas, kandung kemih, leher rahim, leukemia, dan ginjal.

5. Bahan kimia pada tembakau juga dapat merusak lapian pembuluh darah dan memengaruhi jumlah lemak dalam aliran darah. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit pengerasan pembuluh darah (ateroma).

- Perokok memiliki kemungkinan tinggi mengalami impoten atau mengalami kesulitan dalam mempertahankan ereksi bila dibandingkan seseorang yang tidak merokok. Hal tersebut diduga karena terjadinya kerusakan yang berhubungan dengan pembuluh darah ke penis.

- Rheumatoid Artritis merupakan suatu kondisi autoimun yang ditandai dengan peradangan sendi dan kerusakan jaringan ikat. Organ lain, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, dan kulit pun bisa terpengaruh.

- Perokok cenderung memiliki lebih banyak garis atau keriput pada wajah sehingga dapat menyebabkan wajahnya lebih terlihat tua daripada usianya.

- Dapat mengurangi kesuburan baik bagi pria maupun wanita.

- Pada beberapa wanita yang merokok biasanya akan mengalami menopause dua tahun lebih awal daripada non-perokok.

Selain beberapa penyakit di atas, merokok juga sering menyebabkan gejala beberapa penyakit. Seperti asma, pilek, flu, infeksi dada, TBC, rhinitis kronis, hipertiroiddisme, multiple sclerosis, serta retinopati diabetes.

Tidak hanya itu, merokok juga dapat meningkatkan berbagai  macam risiko seperti, demensia, katarak, degenerasi macula, fibrosis paru, psoriasis, penyakit gusi, kehilangan gigi, osteoporosis, dan neuropati optik.

Namun, apabila Anda memutuskan untuk berhenti merokok, Anda bisa membuat perubahan yang besar pada kesehatan Anda. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk stop merokok. Tidak hanya itu, dengan berhenti merokok dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit yang berbahaya atau risiko kematian akibat merokok. Anda juga bisa meminta bantuan seseorang jika tidak bisa berhenti sendiri.

SumberMeetdoctor.com - Bahaya dari merokok bagi kesehatan
SehatKita

 
Copyright © 2018 SehatKita - All right reversed | Powered by Blogger