SehatKita

SehatKita adalah blog yang membahas mengenai informasi kesehatan, tips kesehatan dan seputar dunia kesehatan mulai dari medis hingga tips alami.

Beranda / Kesehatan / 7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Alami

7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Alami

Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat dengan Alami

Jerawat sungguh menyebalkan, untuk itulah harus segera dibasmi atau dihilangkan. Karena jerawat bisa merusak kulit, serta dapat mengakibatkan tersumbatnya pori–pori kulit akibat debu atau kotoran yang menempel di wajah.

Banyak hal yang dapat memicu tumbuhnya jerawat, mulai dari makanan, kebersihan kulit, hormon, hingga tekanan emosi. Pada remaja, jerawat sering kali terjadi karena akibat perubahan hormon pada masa pubertas

Terdapat 2 macam jerawat, yaitu jerawat yang tumbuh kecil-kecil dan berjumlah banyak, dan jerawat yang tumbuh berjumlah satu namun dengan bentuk yang besar dan bulat. Jerawat yang kecil–kecil mudah untuk dihilangkan, yaitu bisa dengan dipencet atau di scrub. Sedangkan untuk jerawat yang besar dan bulat, Anda diharuskan berhati – hati karena jerawat ini mengandung lemak dan sulit untuk dihilangkan.

Banyak cara untuk menghilangkan jerawat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah wajah, Kebanyakan dari orang akan langsung memencet jerawat agar mata jerawat keluar. Benar dengan cara ini bisa menghilangkan jerawat, namum Anda harus tahu bahwa cara ini menyakitkan. Selain itu, dapat membuat luka terbuka pada kulit sehingga dapat menyebabkan infeksi karena adanya kuman atau tidak bersih pada tangan dan alat untuk mengeluarkan jerawat.


Sekarang sudah banyak produk-produk pembersih wajah untuk mengatasi masalah jerawat tentu Anda juga harus mengeluarkan biaya lebih. Namun, jika Anda ingin menghilangkan jerawat dengan biaya yang minim, maka Anda perlu mencoba tips untuk menghilangkan jerawat dengan bahan alami.

1. Menghilangkan jerawat dengan Madu

Madu dipercaya dapat menghilangkan jerawat yang tumbuh di wajah. Karena, madu mengandung antibakterial sehingga sangat bagus untuk menghilangkan jerawat maupun menyembuhkan luka.

Selain itu, Anda bisa campur madu dengan bubuk kayu manis untuk mengatasi jerawat. Dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kayu manis, dan tiga sendok makan madu. Kemudian diaduk hingga tercampur sempurna, oleskan campuran tersebut ke wajah Anda, dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu, silakan bilas wajah hingga bersih.

2. Menghilangkan jerawat dengan masker Yogurt

Yogurt sering kali digunakan untuk diet, selain itu yogurt juga dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat di wajahmu. Pasalnya, kandungan yogurt dipercaya dapat menyembuhkan luka kulit dan melembapkannya kulit secara alami.

Caranya cukup mudah, Anda bisa mencampurkan satu sendok makan yogurt dengan madu satu sendok makan. Kemudian, dioleskan secara merata ke bagian wajah, setelah itu biarkan hingga kurang lebih 10 menit dan silakan bersihkan dengan lembut dengan menggunakan kain lembap.

3. Menghilangkan jerawat dengan Jeruk Nipis


Basuh terlebih dahulu wajah Anda dengan air hangat dan bersih. Kemudian iris jeruk nipis dan olehkan ke wajah khususnya yang berjerawat, Anda akan merasakan agak perih karena zat asam sedang bekerja dan silakan Anda tahan saja.

Diamkan kurang lebih selama 15 menit, kemudian silakan Anda bilas dengan air dingin agar wajah terasa segar. Anda bisa lakukan cara ini setiap hari untuk menghilangkan jerawat yang di timbul di wajah atau lakukan tiga hari sekali untuk mencegah munculnya jerawat.

4. Menghilangkan jerawat dengan Kopi

Kopi selain nikmati diminum, ternyata dapat menghilangkan jerawat dan juga noda-noda hitam yang ditimbulkan oleh bekas jerawat. Selain itu, masker dari kopi juga bisa membuat wajah Anda lebih cerah dan bersinar.

Buatlah masker kopi dengan air hangat sedikit, kemudian olehkan master ke wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian biarkan hingga kurang lebih 25 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Menghilangkan jerawat dengan Mentimun

Potong mentimun tipis-tipis, kemudian tempelkan ke wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu. Diamkan hingga selama 30 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih. Selain itu, Anda juga bisa dengan memparut mentimun dan kemudian tempel ke wajah.

6. Oleskan Jerawat dengan Antiseptik

Jerawat dapat bereaksi tehadap minyak pohon teh. Minyak ini banyak digunakan di seluruh dunia sebagai antiseptik dan untuk mengobati luka, dikarenakan mampu melawan bakteri serta jamur.

Penelitian mengatakan bahwa gel dari minyak pohon teh memiliki kandungan 5 persen lebih efektif dibandingkan dengan senyawa benzoyl peroxide (benzoil peroksida). Meskipun begitu, reaksi setiap orang terhadap minyak ini akan berbeda satu dengan yang lainnya.

Jika tertarik menggunakannya, hal yang perlu diingat adalah Anda harus mencampurkannya dengan minyak lain. Karena, minyak ini termasuk keras jika langsung bersentuhan dengan kulit.

Kamu bisa mencampurkan minyak ini sekitar 8 tetes dengan satu sendok teh minyak minyak kelapa. Oleskan ke bagian wajah yang berjerawat, dan hindarilah penggunaan di daerah mulut. Karena minyak ini dapat menyebabkan reaksi beracun mulai dari ruam hingga koma.

7. Menghilangkan jerawat dengan mengkonsumsi Makanan sehat

Konsumsilah sayuran, buah dan makanan yang mengandung protein sehat seperti ikan. Selain itu makanan yang mengandung omega 3 juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Dan jangan lupa untuk konsumsi makanan kaya zinc seperti yoghurt, labu dan ayam.

Sebuah studi menunjukkan bahwa tingkat zinc didalam tubuh memengaruhi tingkat keparahan jerawat. Selain itu hindarilah makanan yang beminyak, gluten, gandum, gula dan susu kemasan. Jika Anda ingin mengkonsumsi susu pilihlah susu yang murni.
SehatKita

 
Copyright © 2018 SehatKita - All right reversed | Powered by Blogger